Saturday, September 29, 2012

Bunaken Island, Manado

Bunaken Island, Manado

Waktu kecil saya sering melihat di tv bahwa tempat wisata yang paling bagus di indonesia adalah Bunaken. Selain bagus juga mahal.

Suatu hari pas lg browsing, lihat iklan merpati semua jurusan hanya 170rb. Waw, murah sekali. Padahal normalnya untuk jurusan manado dr jakarta sekitar 800rb-1juta. Kesempatan bagus yang tidak akan kami lewatkan.



Setelah beberapa hari dimanado akhirnya kita berangkat ke Bunaken.
Dari dermaga Marina di kota Manado kita bisa melihat pulau Bunaken. Perjalanan dari kota Manado ke pulau Bunaken sekitar 40 menit. Dengan menggunakan kapal yang lantai bawahnya ada kaca sehingga kita bisa melihat keindahan taman laut Bunaken.
Setelah tawar menawar, akhirnya harga yang disepakati 1 juta rupiah untuk perjalanan pp.
Waktu itu kita berangkat dari Dermaga Marina (kalau tidak salah). Dermaga ini tidak susah dicari, karena letaknya di tengah kota dan dekat dengan mall.

Setelah mendekati pulau Bunaken, kapal berjalan perlahan dan dari lantai kaca itu kita bisa melihat kebawah, ke Taman Laut Bunaken

Photo dari lantai kaca


Sesampainya di pulau Bunaken, kita langsung turun dari kapal menuju pantai. Pantainya cukup kotor dan banyak orang berjualan. Kita duduk ditempat duduk yang ada dipantai dan langsung makan (makanan bawa sendiri).
Di pulau Bunaken ada yang jual kelapa muda, berbagai macam souvenir, penyewaan alat-alat snorkeling dan alat-alat diving.
Dikarenakan saya sudah membawa alat snorkeling cukup lengkap, cuma kurang baju wet suit aja, jadi saya tidak menyewa apa-apa. Ada kejadian yang cukup unik di pulau Bunaken yang harus jadi pertimbangan bagi turis yang mau pergi ke pulau Bunaken.
Motoris kapal mulai menawarkan peminjaman alat snorkeling, saya bilang sudah ada.
Trus menawarkan peminjaman kamera underwater, saya bilang sudah ada.
Menawarkan peminjaman wet suit., saya bilang tidak perlu.
Menawarkan kaki katak, saya bilang sudah ada.
Mungkin karena saya sudah cukup lengkap, jadi saya tidak menyewa apapun.
Tetapi setelah itu mereka menawarkan harus menyewa guide
Saya bilang buat apa guide?
Mereka bilang itu merupakan keharusan
Saya bilang tidak mau.
Jadi yang saya tanggap dari perjalanan ini, kemungkinan Motoris kapal akan mendapatkan fee dari penyewaan bila kita menyewa apapun di pulau Bunaken, sehingga mereka kayak memaksakan kita menyewa peralatan.

Pantai di Bunaken ini tidak landai seperti pantai seperti biasanya. Maksudnya dari pinggir pantai kita bisa berjalan mungkin sekitar 5 meter dan setelah itu ada jurang yang cukup dalam. Setelah jurang itu kita akan bisa berjalan lagi di karang-karang. Setelah karang-karang itu akan terdapat jurang lagi yang cukup dalam.
Jadi bagi Anda yang mau berwisata ke pulau Bunaken dan membawa anak kecil, harap diperhatikan.
Dan laut di Pulau Bunaken sudah terlalu kotor untuk ukuran tempat wisata yang terkenal di seluruh dunia.

















Bintang laut

Bulu Babi banyak sekali

No comments:

Post a Comment