Tuesday, May 6, 2014

Tips Untuk Berhenti Merokok

Tips Untuk Berhenti Merokok


Pertama kali saya merokok sekitar umur 13 tahun, awalnya hanya coba-coba, iseng-iseng, ingin kelihatan macho dan akhirnya kecanduan rokok.
Saya tidak tahu kecanduan saya ini termasuk parah atau tidak terlalu kecanduan. Sehari minimal 1 bungkus rokok saya habiskan dan pernah juga dalam satu hari saya menghabiskan 4 bungkus rokok.
Semakin dewasa dan mulai bekerja, artinya sudah tidak meminta uang kepada orang tua, semakin berpikir apa untungnya merokok? Bekerja siang malam hanya untuk beli rokok.





Kata orang merokok itu enak pas sambil BAB, setelah makan, lagi menghayal, lagi ngobrol sama teman (mungkin kelihatan lebih macho) dll. Masih banyak versi orang yang mengatakan merokok itu enak sambil....
Kalau sudah sekitar satu jam tidak merokok, katanya mulut masam nih, gak merokok.

Mungkin banyak sekali orang yang pengen berhenti merokok tetapi tetap tidak bisa berhenti. Saya salah satu orang yang beruntung yang bisa berhenti merokok.

Tips Berhenti Merokok :

1. Berhenti Membeli rokok

Awalnya saya mengurangi pembelian rokok. Biasanya beli bungkusan, akhirnya beli batangan. Pada saat sering beli batangan ini, rokok saya selalu kehabisan, jadi saya selalu meminta sama teman.
Keseringan meminta rokok, membuat saya jadi sayang untuk mengeluarkan uang buat membeli rokok. Akhirnya saya jadi gak pernah beli rokok lagi. Setelah tidak pernah beli rokok dan selalu minta sama teman, akibatnya saya jadi sayang uang untuk dibeliin rokok dan malu untuk meminta rokok sama teman terus menerus.


2. Mengganti Rokok Dengan Makanan

Setelah cukup lama berhenti merokok, akhirnya karena suatu alasan saya kecanduan merokok lagi. Mungkin cara yang pertama sudah tidak mempan lagi, sehingga saya menemukan cara yang kedua ini.
Karena saya sudah pernah berhenti merokok, jadi saya yakin bahwa saya pasti bisa berhenti lagi. Yang saya perlukan hanya makanan ringan.
Setiap hari saya membeli snack berkotak-kotak, mungkin saya menghabiskan sekitar 50rb-100rb/hari selama kurang lebih seminggu.
Jadi pada saat mulut kita masam (kata perokok) dan keinginan untuk merokok sangat kuat, saya langsung memakan snack, begitu seterusnya sampai kurang lebih seminggu saya melakukannya.


3.Berhenti Merokok Dengan Akal Sehat

Mungkin saya telah 2 kali berhenti merokok, jadi bisa melakukan cara yang ketiga ini.
Saya rasa setiap perokok pasti pernah mengalami disaat malam sebelum tidur kita ingin merokok dan bila rokok itu tidak ada, kita harus membeli rokok itu dimanapun, rokok merk apapun yang penting keluar asap (kata perokok).
Kejadian seperti ini yang membuat saya berpikir dengan akal sehat, saya merasa, saya seperti di jajah sama rokok. Dengan pemikiran dijajah sama rokok inilah saya akhirnya bisa berhenti.


Inti dari tips untuk berhenti merokok ini mungkin adalah seberapa besar kemauan dan niat kita untuk berhenti merokok dan cari salah satu alasan yang mengharuskan kita berhenti merokok dan tanamkan didalam otak kita.

No comments:

Post a Comment